Solusi paling ampuh menghindari masalah komputer/laptop lemot, kena virus, gagal system dsb.

Pada sebagian orang pasti akan merasa kesal jika laptop atau komputer yang mereka gunakan terjadi crash, lemot, hang dsb. Terlebih lagi ketika mereka sedang mengerjakan sesuatu, misalkan tugas kantor atau sekolah.
dan yang paling bikin naik darah ketika hal itu terjadi pada saat kita sedang dituntut atau sedang dead line untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut mungkin ini akan menjadi masalah dimarah bos atau kerugian lainnya hanya gara-gara kondisi laptop atau komputer sedang tidak bagus atau mengalami crash. 
Pokoknya, laptop yang lemot, hang, kena virus, gagal system pasti sangat-sangat  menjengkelkan! iya kan sob?? sorry ini bukannya gua lagi curhat ya! tapi gua lagi ngebayangin perasaan sobat ketika laptopnya lagi unjuk rasa...
Nah makanya itu ini gua kasih solusi paling praktis, paling tidak untuk sementara dapat mencegah kejadian laptop dan komputer gagal system atau bla...bla...
check it out...!
Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah melihat kondisi laptop sobat apakah baru instal ulang, atau sudah lama sobat gunakan dan masih baik-baik saja, atau sudah mengalami masalah seperti yang di atas.
Nah jika kondisi komputer sobat baru instal ulang (dalam keadaan yang sangat baik) sobat harus membekukan system komputer sobat, jika sobat tidak ingin sering-sering instal ulang laptop/komputernya. 
Perlu untuk sobat ketahui menurut saya sebagai seorang teknisi komputer 95% terjadi masalah pada laptop/komputer itu akibat dari human error atau keselahan pengguna laptop itu sendiri akibat dari ketidak pahaman bagaimana cara memperlakukan unit laptop beserta maintenance baik hardware maupun systemnya.
Cara untuk mengatasi seringnya instal ulang komputer/laptop adalah dengan menggunakan atau memasangkan aplikasi system deefreeze pada laptop/komputer sobat. 

Aplikasi deefreeze ini perlu sobat ketahui cara kerjanya ialah dengan membekukan file system operasi seperti windows agar tidak bisa diubah-ubah baik oleh pengguna laptop itu sendiri, orang lain maupun dari serangan virus, walware dsb.

Aplikasi deepfreeze ini sangat kuat dalam melindungi komputer/laptop sobat bahkan jika komputer sobat tidak terinstal anti virus sekalipun. Sobat bisa membuktikan sendiri dengan mencolokkan flashdisk berisi virus pada komputer yang tidak terinstal anti virus tetapi terpasang aplikasi deepfreeze ini.

Mungkin pada saat yang sama komputer sobat akan mengalami gangguan akibat terinfeksi virus tetapi dengan aplikasi deepfreeze ini sobat cukup merestart komputer yang terinfeksi virus dan komputer sobat akan kembali pada keadaan semula seperti pada saat setelah instal ulang.

Nah, sekarang bagaimana jika komputer yang sobat miliki sudah mengalami gangguan sebelum terpasang deepfreeze pada sistem komputer sobat. Jika kondisinya sudah sperti ini sangat tidak disarankan memasangkan deepfreeze karena itu artinya sobat ingin mempertahankan masalah yang terjadi pada komputer sobat. 

Cara yang dapat sobat lakukan agar dapat memasang deepfreeze ini ialah dengan menghilang terlebih dahulu masalah-masalah yang ada pada laptop/komputer sobat. Jika sudah parah masalahnya lebih baik sobat instal ulang saja lalu minta pada teknisi sobat agar memasangkan deefreeze. Yaahh walaupun teknisinya akan mengkerutkan jidatnya karena dia tahu sobat akan jarang pergi ketempatnya lagi.

Kemudian jika masalah yang terjadi pada komputer sobat tergolong ringan ada baiknya sobat perbaiki sendiri saja masalahnya. Namun jika sobat adalah seorang yang awam akan hal ini, sobat bisa mengklik link berikut https://www.youtube.com/watch?v=M3Hjjsxmos0 atau lihat langsung video tutorialnya yang ada di akhir postingan ini. Video tersebut menjelaskan bagaimana mengatasi masalah-masalah pada laptop yang lemot dsb. Jika masalah tersebut sudah teratasi barulah sobat meminta teknisi untuk memasang deepfreeze.

Apa akibat dari memasang deepfreeze pada komputer/laptop?
Kalau akibat yang negatif sejauh ini berdasarlam pengalaman saya tidak ada akibat negatif sama sekali, malah memasang deepfreeze ini dapat memperpanjang umur pada perangkat keras sperti harddisk karena jadi jarang diformat akibat instal ulang dan secara otomatis dapat menghemat pengeluaran sobat.

Ada beberapa orang pelanggan saya meminta saya untuk memasangkan deepfreeze pada komputernya atas saran pelanggan saya yang lainnya karena mereka sudah merasakan manfaat dari memasang deefreeze ini.

Mungkin ada beberapa hal yang sedikit mengganggu para pengguna:
  1. Mereka jadi tidak bisa menyimpan data pada drive C yang biasanya merupakan drive system karena data akan otomatis hilang setelah komputer dimatikan atau direstart. Sebenarnya entah kita menggunakan deepfreeze atau tidak sangat disarankan agar tidak menyimpan data pada drive C ini, karena jika terjadi crash pada komputer bagian drive C inilah yang akan jadi sasaran bagi para teknisi.
  2. Jika pengguna mengganti background di dekstop, akan selalu kembali pada keadaan semula sebagaimana tampilan dekstop pada saat setelah instal ulang
  3. Tidak bisa menginstal atau menambahkan semaunya program aplikasi karena deepfreeze selain membekukan system juga memerlukan password untuk membuka nya. Artinya sobat harus menhubungi teknisi yang sobat percayai untuk menambahkan program aplikasi lainnya

Jika sobat memiliki unit laptop atau komputer yang dignakan secara kelompok atau beramai-ramai, ada baik memasang deepfreeze jika tidak ingin sistim operasinya cepat rusak dan berakibat sering instal ulang.

Contoh penggunaan deepfreeze biasanya pada jenis usaha warnet saking banyaknya pengguna sehingganya pemilik warnet sangat perlu untuk memasang deepfreeze ini agar komputernya tidak cepat rusak karena digunakan oleh banyak orang yang berbeda watak dan perilakunya.




Ok... sekian dari saya semoga bermanfaat

Artikel Lainnya:

Widget by [ sukses ahta ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar